Apa itu Content Placement, Pengertian dan Comtohnya

Apa itu Content Placement, Pengertian dan Comtohnya

Kursus Jitu — Content placement atau juga dikenal sebagai sponsored content placement atau branded content placement adalah praktik di mana konten dipublikasikan di media atau platform lain dengan tujuan pemasaran atau promosi. Dalam content placement, sebuah merek atau perusahaan membayar untuk memasukkan konten mereka ke dalam media atau platform yang relevan dengan audiens target mereka. Seperti Guest Post, Content Placement bisa juga dilakukan antar komunitas blogger maupun di luar komunitas.

Berbeda dengan iklan tradisional, content placement lebih fokus pada integrasi konten secara alami ke dalam pengalaman pengguna, sehingga tidak terasa seperti iklan yang terpisah. Konten yang ditempatkan dapat berupa artikel, video, infografis, atau bentuk konten lainnya yang sesuai dengan konteks dan format media atau platform yang digunakan.

Beberapa contoh content placement meliputi:

1. Artikel Sponsor: Sebuah merek atau perusahaan membayar untuk memiliki artikel yang ditulis tentang produk, layanan, atau topik yang relevan dengan merek mereka. Artikel ini akan dipublikasikan di media atau platform dengan pengaruh yang tinggi untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

2. Konten Video: Merek atau perusahaan dapat membayar untuk memasukkan produk atau merek mereka ke dalam konten video yang dibuat oleh pembuat konten atau YouTuber terkenal. Video ini kemudian diunggah dan dipromosikan di saluran atau platform media sosial pembuat konten.

3. Konten di Media Sosial: Merek atau perusahaan dapat membayar influencer atau akun media sosial yang populer untuk memasukkan atau menyebutkan produk atau merek mereka dalam postingan di platform media sosial seperti Instagram, Twitter, atau YouTube.

4. Konten di Situs Web atau Blog: Merek atau perusahaan dapat membayar untuk memiliki konten mereka dipublikasikan di situs web atau blog yang memiliki pembaca atau pengunjung yang sesuai dengan audiens target mereka.

Tujuan dari content placement adalah untuk meningkatkan visibilitas merek, menciptakan kesadaran, mempromosikan produk atau layanan, dan mempengaruhi perilaku pembaca atau pengunjung. Dalam content placement, penting untuk menciptakan konten yang berkualitas tinggi, relevan, dan disesuaikan dengan media atau platform yang digunakan agar dapat mencapai hasil yang efektif dalam pemasaran merek atau perusahaan.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak