Header Ads

Header ADS

Apa Itu Wallet Bitcoin, Pahami Jenis Penggunaannya

Saat mengenal bitcoin pertama kali, kamu pasti langsung berurusan dengan wallet. Karena kamu belum tahu caranya punya wallet, mungkin kamu sempat terbawa ke aksi download bitcoin wallet.

Setelah diinstall, ternyata wallet tidak langsung bisa digunakan, karena harus sinkronisasi block dari jaringan blockchain. Awalnya ditunggu, tapi semakin ditunggu, semakin merasa lama untuk selesai, dan akhirnya kamu memutuskan untuk menjelajah di internet hingga sampai pada ulasan ini.

Saat kamu menginstall wallet bitcoin, memang harus mendownload semua block dari transaksi yang disimpan oleh blockchain bitcoin. Dan itu sinkronisasinya dari block pertama kali, sampai block yang sekarang berjalan. Dan selama kamu menggunakan dompet tersebut, kamu akan melakukan sinkronisasi setiap waktu.

Dan proses sinkronisasi itu membutuhkan waktu yang relatif lama, bergantung koneksi internet yang kamu gunakan. Juga yang tak kalah penting adalah kapasitas penyimpanan yang kamu sediakan, harus lumayan besar.

Karenanya, jika kamu tidak berencana melakukan stake atau transaksi yang cukup sering, ada baiknya kamu menggunakan wallet online yang sudah cukup banyak beredar di internet.

Untuk itu, yuk kita kenali dulu apa itu wallet bitcoin.

Sebagaimana namanya, wallet adalah dompet. Dan wallet bitcoin adalah dompet digital untuk menyimpan sejumlah bitcoin yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan wallet tersebut untuk menerima bitcoin dan bisa juga untuk mengirimkan bitcoin ke wallet lainnya.

Ada beberapa jenis wallet, yaitu hot wallet, cold wallet dan paper wallet.

Hot wallet adalah wallet yang kamu install seperti penjelasan di atas. Cold wallet adalah wallet yang diaktifkan terpisah dengan hot wallet, tujuannya digunakan untuk penyimpanan jangka panjang. Cold wallet sesekali harus disinkronkan, agar tidak terjadi kudet dengan block yang aktif saat ini.

Paper wallet adalah walet yang disimpan dalam kertas. Yang disimpan adalah alamat wallet beserta kuncinya. Paper wallet sangat praktis. Kamu bisa menggunakannya tanpa harus menginstall hot wallet. Kamu bisa menggunakan wallet online, kemudian memasukkan kode kuncinya untuk bisa melakukan transaksi sebagaimana hot wallet.

Namun perlu diwaspadai adanya kemungkinan aksi penyimpanan kode kunci yang bisa saja dilakukan oleh penyedia wallet online. Mengingat kita hanya berinteraksi secara user interface di web, tanpa tahu apakah data yang kita kirimkan benar-benar tidak dimata-matai oleh pemilik layanan.

Karenanya, penting untuk menentukan wallet mana yang harus kamu gunakan untuk mengamankan aset digitalmu. Semua jenis wallet mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, sebelum memutuskan terjun di bitcoin, tentukan tujuanmu dan lakukan riset mendalam, jika kamu harus menggunakan layanan pihak ketiga untuk menyimpan aset digitalmu.

Baca Juga

Diberdayakan oleh Blogger.